Penyikapan Fenomena Hijab dan Selebritis di Indonesia

Posted on

Perkembangan masa akan selalu mengakibatkan perubahan-perubahan penyikapan atas sesuatu. Dahulu sekelompok muslimah di Indonesia yang biasa mengenakan gamis kerap mendapat pandangan sinis hal ini dikarenakan memang model jilbab/kerudung yang mereka kenakan tidak enak di pandang dan terlihat begitu ngga uptodate, kedodoran dan sederhana. Beda dengan sekarang dengan perubahan zaman yang juga semakin berkembang, model hijab kini semakin berkembang dengan berbagai gaya. Sekarang setiap muslimah boleh memilah model kerudung atau hijab yang pas dengan kebutuhannya dan pas dengan keinginan zaman. Perempuan muslimah yang menggunakan kerudung atau berhijab kini bakal makin kelihatan trendy dalam berhijab dan semakin cantik dengan baju gamis atau aksesorinya karena sekarang model baju muslimah yang dapat di pilih semakin beraneka ragam, dari yang sangat simple sampai yang bergaya trendy dengan cara penggunaan yang ribet ala tabib akupuntur karena menggunakan jarum juga ada.

Dalam Islam jilbab atau kerudung merupakan sarana untuk menutup aurat kaum wanita muslimah supaya kaum hawa terbentengi dari bahaya, sebagaimana yang gamblang dijelaskan di kitab Al Quran. Dulu kala, kultur penggunaan jilbab masih sangat dingaruhi oleh corak budaya masing-masing.

Baju Gamis dan Hijab Modern

Indonesia memang anomali. Meskipun yang memeluk agama Islam sangat banyak tapi umat Islam khususnya yang muslimah masih ada yang alergi kalau disuruh pakai jilbab kecuali anggota majelis taklim. Dikarenakan mungkin bagi muslimah yang belum mau pakai hijab itu menggunakan hijab dianggap seperti mati gaya atau tidak bisa update gaya busana.

Kini seiring perkembangan zaman ikut berpengaruh pada makin diterimanya busana muslim sebagai kultur baru dan kini bermunculan designer-designer mode baju muslim yang semakin membludak. Ada yang awal karirnya sebagai perancang baju muslim ada yang hijrah dari desiner konven ke desaigner jilbab dan hijab.
Efeknya adalah semakin banyak seleb yang mulai mau mencoba mengenakan hijab. Dikarenakan kini busana muslim dan telah menjelma menjadi trend fashion tersendiri.

Justru fashion hijab dan gamis  modern sekarang sangat booming contohnya ada digelarnya bermacam-macam pameran baju muslim secara rutin yang bergaya islami dan cerdas bahkan semakin banyak artis muda dan selebritis kawakan yang juga mengenakan hijab namun juga terlihat sangat modis.

Aksi hijaber-hijaber oleh artis dan seleb-seleb itu kini menjadi inspirasi kaum hawa di Indonesia. mengenakan hijab atau busana muslim kini ngga perlu lagi malu atau kurang pede lagi. Disamping mengenakan busana semacam gamis dan jilbab atau baju muslim sebuah hal yang wajib bagi muslimah. Sekarang menutup aurat masih bisa trendy dan modis.

Jika mau mengamati maka akan sangat berbeda dengan masa yang dulu, karena zaman sekarang ini sudah banyak sekali designer-designer  hijab di Indonesia yang mulai dan masih eksis.

Ole karena itu sekarang muncul banyak sekali varian hijab yang modis dan trendi, dan kemudian menjadi trend setter baju muslimah.
Diantara jenis jilbab yang sering dijual antara lain adalah jilbab segiempat, gamis kelelawar, atau ada pula jilbab lengan yang praktis langsung pakai. Beragam pilihan tersebut semakin membuat mudah muslimah dalam menentukan pilihan yang paling cocok dalam kesehariannya.

Indonesia juga kini menjadi negara penentu mode hijab bukan cuma untuk dalam negeri saja bahkan hingga ke dunia luar dan manca negara. Karena sekarang sangat banyak designer hijab Indonesia sehingga mampu menghasilkan trend-trend busana muslimah yang selalu baru. Dan gamis cantik yang digemari oleh hijabers dan gamisers.

Kalau menurut pihak Kementerian Perindustrian, ada kisaran 20 juta warga negara Indonesia yang sekarang menggunakan hijab. Hal ini sangat selaras dengan pertumbuhan industri baju muslim yang 7% setiap tahunnya. Maka tak perlu heran jika sekarang Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) berharap dapat memajukan dunia fashion muslim Indonesia tak hanya mampu bersaing di dalam negeri, tapi juga bahkan sampai bersaing ke keluar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 4 =