Ingin Beli Kulkas? Ketahui Dulu Kegunaannya Untuk Rumah Anda

Posted on

Siapa yang tidak kenal peralatan elektronik yang satu ini yaitu kulkas.  Layaknya televisi, kulkas juga pasti ada di setiap rumah. Apalagi Indonesia mempunyai cuaca yang cenderung panas. Nah, kulkas hadir untuk dapat menyuguhkan minuman dingin.

Tidak hanya sebagai media mendinginkan makanan dan minuman saja, kulkas juga sebagai tempat penyimpanan makanan. Anda yang suka memasak, akan sangat terbantu dengan kehadiran kulkas. Bahan masakan maupun masakan Anda akan lebih awet. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas kulkas dari berbagai sudut pandang. Penasaran? Mari kita ketahui terlebih dahulu mengenai pengertian kulkas.
harga kulkas

Pengertian Kulkas Secara Umum

Kulkas atau lemari es dapat diartikan sebagai tempat menyimpan makanan agar tetap terjaga dan awet. Lemari es atau kulkas juga bisa dijadikan sebagai tempat membekukan  bahan makanan seperti ice Cream, daging, dll. Sekarang ini kulkas hadir dalam berbagai macam ukuran,mulai dari satu pintu sampai empat pintu bahkan lebih. Baca: Harga Kulkas 2 Pintu Murah

Kulkas atau lemari es mempunyai empat  tempat penyimpanan. Keempat tempat tersebut memiliki kisaran suhu yang berbeda. Tempat pertama yaitu pembeku I. Pembeku I ini memiliki suhu  -18°C atau setara 0 °F . Sedangkan tempat yang kedua yaitu Pembeku II dengan suhu mencapai 0°C atau setara 32 °F. Untuk tempat ketiga yaitu ruangan pendingin dengan suhu 4°C atau setara 40°F. Tempat penyimpanan terakhir adalah penyegar dengan suhu mencapai 10°C atau setara 50°F.

Kegunaan Kulkas Untuk Rumah Tangga

Kulkas atau lemari es mempunyai peran yang sangat sering kita gunakan. Tak heran di setiap rumah pasti memiliki kulkas. Secara umum kulkas sendiri memiliki dua kegunaan utama yaitu untuk mengawetkan dan untuk mendinginkan atau membekukan. Untuk lebih jelasnya berikut penjelasannya secara detail.

  • Mengawetkan

Mikroba atau mikroorganisme jika pada suhu yang normal dan lembab akan mudah sekali berkembang biak. Sehingga bahan makanan dan buah-buahan mudah busuk. Dengan adanya kulkas, bahan makanan dan buah-buahan disimpan pada suhu yang rendah, hal ini membuat mikroba atau mikroorganisme terhambat perkembangannya.

Pada sayuran dan bahan makanan segar yang belum terpisah dengan kulitnya dapat bertahan 7 hingga 14 hari dalam kulkas. Sedangkan untuk yang sudah dimasak akan bertahan sekitar 3 hari. Lebih lama bukan dibandingkan jika disimpan di lemari biasa.

  • Mendinginkan atau membekukan

Selain mengawetkan, kulkas lebih banyak digunakan untuk mendinginkan air atau minuman. Kulkas dapat menurunkan suhu air maupun minuman. Bahkan bahan makanan seperti daging juga bisa di bekukan.

Bagian-Bagian Kulkas yang Perlu Anda Ketahui

Setelah mengetahui pengertian dan kegunaan kulkas, kita akan beranjak ke pembahasan cara kerja kulkas. Namun sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu bagian-bagian yang terdapat dalam kulkas. Pada kulkas terdapat 9 bagian, bagian-bagian ini memiliki fungsi yang berbeda. Berikut ini penjelasannya:

  • Kompresor

Bagian kompresor pada kulkas memiliki tugas untuk memompa bahan pendingin atau refrigerant ke seluruh bagian kulkas. Jika di tubuh manusia, kompresor diibaratkan seperti jantung.

  • Kondensor

Bagian kondensor didefinisikan sebagai alat  penukar kalor. Pada kulkas, kondensor bekerja untuk mengubah bahan pendingin yang dalam bentuk gas menjadi cari dalam suhu dan tekanan yang tinggi.

  • Filter (saringan)

Saringan ini mempunyai fungsi untuk menyaring kotoran agar tidak masuk kedalam lemari es. Kotoran yang masuk ke aliran pendingin akan disaring oleh folter. Dengan demikian makanan dan minuman yang disimpan dalam lemari es tetap bersih.

  • Evaporator

Peran dari evaporator ini adalah untuk mendinginkan kulkas. Evaporator akan menyerap panas yang berasal dari benda di kulkas dan mendinginkannya. Tanpa evaporator maka kulkas tidak akan berfungsi.

  • Thermostat

Setiap bagian kulkas memiliki batasan suhu. Thermostat secara otomatis, mengatur kerja kompresor berdasarkan batasan suhu pada bagian-bagian kulkas. Bagian ini mempunyai fungsi sebagai kontrol suhu kulkas.

  • Heater

Kulkas memang untuk mendinginkan, namun kulkas juga memiliki bagian yang dapat mencairkan. Bagian ini bernama heater yang berguna untuk melelehkan bunga es pada evaporator.

  • Fan Motor

Bagian fan motor memiliki kegunaan untuk menghembuskan udara dingin dari evaporator ke seluruh bagian kulkas. Udara dihembuskan melalui kondensor dan kompresor. Kinerja dari fan motor ini sangat mempengaruhi udara dingin dalam kulkas.

  • Overload Motor Protector,

Kompresor pada kulkas bekerja sangat keras menghasilkan sebuah arus. Jika arus tersebut melebihi normal, kulkas akan sangat mudah rusak. Maka dari itu hadirlah Overload Motor Protector yang  berguna untuk menjaga elemen-elemen kelistrikan yang ada dalam kulkas agar terhindar dari kerusakan.

  • Refrigerant atau bahan pendingin

Inilah zat yang akan dipompa oleh kompresor dan diubah wujudnya oleh kondensor. Zat ini sangat mudah diubah baik dalam keadaan cari menjadi gas, atau sebaliknya. Bahan pendingin ini dibuat secara permanen.

Cara Kerja Kulkas yang Paling Sederhana

Setelah mengetahui berbagai bagian yang terdapat dalam kulkas, saatnya mengetahui cara kerja kulkas. Berbicara mengenai cara kerja kulkas, tidak jauh-jauh dengan perpindahan kalor. Kerja kulkas berawal dari kompresor. Kita tahu bahwa kompresor bagaikan jantung manusia. Ia sebagai penggerak. Motor kompresor berputar, lalu memberikan tekanan pada semua bahan pendingin. Refrigerant yang dalam wujud gas diberi tekanan sehingga menjadi gas yang bertekanan dan bersuhu tinggi.

Gas yang bertekanan dan bersuhu tinggi, akan berjalan menuju kondensor. Nah, jika ada kotoran yang terbawa akan disaring dengan filter. Sampai pada titik kondensasi, gas mengalami perubahan wujud menjadi embun dan akhirnya menjadi cair kembali. Bahan pendingin cair tersebut memiliki tekanan dan suhu yang tinggi. Refrigerant cair mengalir menuju pipa kapiler. Tekanan kapilaritas pada pipa kapiler membuat refrigerant cair naik ke evaporator.

Bahan pendingin cair yang sampai dievaporator akan menguap dan berubah wujud lagi menjadi gas. Namun gas tersebut memiliki tekanan dan suhu yang rendah. Jika kondisi ini terus terjadi, gas tersebut akan membeku dan menjadi bulir-bulir es. Nah, hal diatas itu terjadi jika kamu meletakkan air atau bahan makanan dievaporator.

3 Hal yang Dilarang Dalam Penggunaan Kulkas

Agar kulkas Anda lebih awet dan makanan yang Anda simpan lebih awet, perhatikan beberapa hal di bawah ini dan jangan lakukan. Hal ini dikarenakan melakukan tiga hal ini bisa membuat kulkas menjadi lebih cepat rusak.

  • Jangan membuka lemari es terlalu lama

untuk membuat mesin pendingin pada kulkas terus bekerja, kulkas membutuhkan energi listrik. Jika kulkas terlalu lama dibuka maka kulkas membutuhkan energi listrik lebih banyak. Akibatnya tagihan listrik Anda semakin tinggi dan kulkas cepat rusak karena bekerja terlalu keras.

  • Jangan memasukkan makanan/minuman panas ke lemari es
    Kulkas memang dapat mendinginkan dan membekukan makan dan minuman. Namun jika Anda memasukan makanan dan minuman dalam keadaan panas, kulkas akan cepat rusak. Sebaiknya tunggu dulu makanan dan minuman hingga suhu normal, lalu masukan ke kulkas.
  • Jangan sering memutuskan listrik lemari es secara paksa

Tidak adanya tombol power pada kulkas menujukan kulkas selalu aktif. Tetapi tenang saja kulkas didesain memiliki jeda waktu mesin berhenti lalu hidup kembali. Nah, karena hal itu  menyebabkan mesin pada kulkas mudah rusak. Cara yang benar jika Anda ingin memutuskan listrik yaitu dengan mengeset suhu mesin hingga 0, selanjutnya Anda dapat memutuskan listrik di kulkas dengan aman.

Berbagai informasi mengenai kulkas ini sangat membantu Anda mengenali perangkat rumah tangga yang satu ini. Banyak orang yang asal membeli dan merawat kulkasnya. Oleh karena itu, kenali kulkas dengan baik terlebih dahulu sebelum membelinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × two =